Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 18 September 2011

Mengatasi Bluescreen Saat Instal Windows XP Pada Laptop

Sebenernya udah lamaaaaaa banget pengen posting tentang cara mengatasi bluescreen ini, tapi biasa bro, kesibukan pekerjaan mengharuskan untuk berpisah lama dengan kompi ane....
Dulu ane juga bingung buanget pas dimintai temen buat instal Windows XP di laptop barunya, kenapa...?, karena waktu booting dari CD tiba - tiba tuh laptop memunculkan pesan hardisk error dan langsung muncul si layar biru, harusnya kan sebuah tampilan awal " Welcome to Windows Setup ", nah lo.... :(


Dan percaya nggak, ane butuh waktu lama sekali untuk menyadari bahwa ini semua hanya gara-gara hal simple, metode pengenalan hardware yang berbeda, lain kalau dibuat booting lewat Linux Live CD kaya’ Backtrack, atau diinstall Windows Vista, semua bisa jalan tanpa kendala bluescreen. Kalau untuk Windows XP, masih nggak mengenali AHCI (Advanced Host Controller Interface), makanya terjadi bluescreen. Dan ketika di bios SATA modenya diubah ke IDE mode, nggak bluescreen lagi..... Ealah ternyata semudah itu to...




Tapi kalau permasalahannya muncul waktu kompi udah berjalan baik, ane dapet banyak referensi hasil copas dari pakde Google, cekidot :

Penyebab window bluescreen dan cara penangananya .?

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
- Driver yang bentrok atau tidak cocok
- Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
- Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.
3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang terlalu panas
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat
4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.
5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)
6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.
8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.
9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM
10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Warning : Pengalaman saya jika di paksakan menginstall atau Format Windows XP tanpa mengabaikan Pesan Error Blue Screen maka Windows setelah selesai di Install tidak lama kemudian akan menjadi Crash dan BlueScreen kembali.

Semoga bermanfaat....